ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDAPATAN PROPINSI JAWA TIMUR SURABAYA I
Daftar Isi:
- Tugas utama Pemerintah adalah melayani masyarakat, disamping tugas-tugas Pemerintahan lainnya yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Namun, pelayanan publik yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga pemerintah dinilai kurang dapat memenuhi harapan masyarakat. Kita semua menyadari amat sulit untuk memahami pelayanan yang diselenggarakan oleh birokrasi publik. Masyarakat pengguna jasa sering dihadapkan pada begitu banyak ketidakpastian ketika mereka berhadapan dengan birokrasi. Amat sulit memperkirakan kapan pelayanan itu bisa diperolehnya. Begitu pula dengan harga pelayanan. Harga bisa berbeda-beda tergantung pada banyak faktor yang tidak sepenuhnya bisa dikendalikan oleh para pengguna jasa. Baik harga ataupun waktu seringkali tidak bisa terjangkau oleh masyarakat sehingga banyak orang yang kemudian enggan berurusan dengan birokrasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur Di Surabaya I. Tehnik sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Purposive Sampling merupakan suatu tehnik sampling yang mengambil sample yang sebelumnya diketahui atau dipertinbangkan dari sesuatu populasi, bahwa sample tersebut dapat menjadi sumber data yang diinginkan dan diperlukan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi model LOG IT dengan hasil sebagai berikut : 1. Dalam menguji secara simultan didapat bahwa variabel Aspek fisik (Physical Aspect). Keandalan (Relibility), Hubungan pribadi (Personal Interaction), Penyelesaian masalah (Problem Solving) dan Kebijaksanaan (Policy) berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. 2. Dalam menguji secara parsial kualitas layanan yang terdiri dari Aspek fisik (Physical Aspect), Keandalan (Relibility), Hubungan pribadi (Personal Interaction), Penyelesaian masalah (Problem Solving) dan Kebijaksanaan (Policy) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y). 3. Diantara kelima variabel pembentuk kualitas tersebut, variabel yang paling yang dominan mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur Di Surabaya I adalah Kebijaksanaan (Policy).