DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 PADA DEPARTEMEN PRODUKSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Di PT. PLATINUM CERAMICS INDUSTRY SURABAYA
Daftar Isi:
- Tri Seno Anjanarko (2006), "Dampak Implementasi Sistem Manajemen Mutu IS0-9001:2000 Pada Departemen Produksi Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Platinum Ceramics Industry" dengan dosen pembimbing Bpk. Dr. Budi Satrio, MM dan Bpk. Drs Suwito, MSi program Magister Management STIESIA Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persentase kualitas produk setelah implementasi Sistem Manajemen Mutu IS0-900 1 :2000 meningkat dibanding sebelumnya dan untuk mengetahui apakah keluhan pelanggan menurun setelah implementasi Sistem Manajemen Mutu IS0-9001 :2000 dibanding sebelumnya. Ada 2 metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Metode Deskriptif Study Kasus dan Metode Deskriptif Study Komparatif. Metode Pengumpulan data melalui data-data yang erat hubungannya dengan implementasi Sistem Manajemen Mutu IS0-900 I :2000 dan data sekunder yang diperoleh dari Departemen Produksi dan Quality Manajemen Sistem (QMS) pada periode 1991 sampai dengan 1994 dan 2002 sampai 2005. Hipotesis penelitian ini adalah: Diduga persentase kualitas produk dan keluhan pelanggan akan berbeda setelah implementasi Sistem Manajemen Mutu IS0-900 1 :2000 dibanding sebelumnya. Dari basil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Platinum Ceramics Industry telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu IS0-9001:2000. sesuai persyaratan standard IS0-9001:2000 klausal 4.2.1. Pendokumentasian sistem tersebut meliputi Pedoman Mutu, prosedur Mutu, Instruksi Keija, Dokumen Pendukung, Rekarnan, Catatan, Form, Balangko Gambar Teknik, Data Hasil Uji serta Rencana Mutu. Disamping itu berdasarkan basil analisis Kepuasan Pelanggan melalui pengolahan data mutu produk dan keluhan pelanggan pada tahun 1991 sampai 1994 (sebelum imp1ematsai) terhadap tahun 2001 sampai 2005 (setelah implementasi) telah terbukti bahwa prosentase kualitas produk dan keluhan pelanggan berbeda setelah implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO-9001 :2000 dibanding sebelumnya.