PENGARUH CITRA, KUALITAS PELAYANAN, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PEMBACA (Studi Pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya)
Daftar Isi:
- Citra baik yang dimiliki oleh suatu perusahaan adalah hasil dari usaha yang telah dilakukan dalam strategi pemasarannya yang tepat dalam rangka memuaskan pelanggannya. Perasaan puas yang dirasakan oleh seorang konsumen tidak terbatas pada saat transaksi pembelian suatu produk barang atau jasa saja, akan tetapi konsumen akan merasakan tingkat kepuasan setelah merasakan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Strategi saluran distribusi yang apabila d.ilakukan secara tepat dan tentu ditunjang dengan kualitas produk barang atau jasa yang dimiliki adalah baik, maka konsumen/pelanggan akan merasakan suatu kepuasan. Penelitian ini dilakukan adalah bertujuan untuk mengetahui dan rnenganalisis pengaruh citra terhadap kepuasan pembaca, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembaca, dan saluran distribusi terhadap kepuasan pembaca. Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada seluruh pembaca (pengunjung) di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya yang telah rnemiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) selama tahun 2012-2013 betjumlah 613.699 pembaca. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 348 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling (Area Sampling). Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan alat pengolah statistik SPSS 20.0 for Windows, maka diperoleh persamaan regresi linear berganda 8ebagai berikut: Y = 1,356+0,166Xt+0,329X2+0,231X3+e Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa citra berpengaruh signiflkan terhadap kepuasan pembaca; kualitas pelayanan berpengaruh signiflkan terhadap kepuasan pembaca; dan saluran distribusi berpengaruh signiflkan terhadap kepuasan pembaca. Nilai standardized coefficients yang diperoleh, dapat diketahui bahwa variabel citra (Xt) sebesar 0,160; variabel kualitas pelayanan (X2) sebesar 0,318; dan variabel saluran distribusi (X3) sebesar 0,244. Dari ketiga variabel bebas tersebut dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan :mempunyai nilai yang paling besar yaitu sebesar 0,318; sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan pembaca pada Perpustakaan Umum Kota Surabaya daripada variabel bebas lainnya. Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya harus lebih melakukan inovasi dan kreasi terhadap promotion/publication yang lebih menarik pembaca, agar tetap menjadi pembaca yang setia (loyal).