PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. LAYAR SENTOSA SHIPPING CORP DI SURABAYA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian pelanggan yang dilakukan oleh PT. Layar Sentosa dengan menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, fasilitas fisik, dan layanan yang tepat dan menarik minat pelanggan. PT. Layar Sentosa sudah tepat dalam menerapkan bauran pemasaran, dengan adanya peningkatan kepuasan pelanggan dan adanya peningkatan keputusan pembelian kembali pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap PT. Lay_ar Sentosa, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap sejak tahun 2008 berjumlah 35 perusahaan yang menjadi sampel. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, digunakan instrument penelitian dengan kuesioner (angket), dan observasi (pengamatan). Untuk mengetahui tingkat kesahihan atau keakuratan instrument p~nelitian khususnya kuesioner maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dan teknik analisis data menggunakan path analysis atau analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dengan menguji model hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil studi menunjukkan bahwa: pertama, bauran pemasaran mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kedua, Bauran pemasaran mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Ketiga, kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Keempat, kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh tidak langsung bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pelanggan. Kata kunci Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian Pelanggan.