PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi pada Koperasi Langgeng Makmur Cabang Ngaglik Surabaya)
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Langgeng Makmur yang bergerak dalam bidang jasa keuangan simpan pinjam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan variabel kualitas layanan dan nilai pelanggan dalam rangka meningkatkan kepuasan anggota Koperasi Langgeng Makmur Surabaya. Dari kedua variabel bebas yaitu kualitas layanan dan nilai pelanggan manakah yang paling dominan berperan meningkatkan kepuasan anggota koperasi. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 74 orang responden atau pengguna jasa koperasi Langgeng Makmur yang diperoleh dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat komputer program spss 20.00. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan anggota pada koperasi Langgeng Makmur Surabaya. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan menggunakan metode regresi linear berganda dimana diperoleh angka R2 sebesar 0,715 atau 71,50% kepuasan anggota dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan dan nilai pelanggan sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. kemudian dari kedua variabel bebas yang diteliti yaitu kualitas layanan dan nilai pelanggan, berdasarkan uji t atau uji parsial variabel dapat disimpulkan bahwa yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan anggota pada koperasi langgeng makmur surabaya adalah variabel kualitas pelayanan, yang mana hal ini dibuktikan dengan nilai regresi antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan anggota sebesar 0,642 atau 64,20% kepuasan anggota dipengaruhi oleh kualitas layanan pada asumsi nilai pelanggan nihil dan nilai korelasi sebesar 0,801 atau 80,10% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 atau jauh dibawah nilai alfa sebesar 0,05 atau 5%.