Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh brand trust, brand quality, dan brand affect terhadap attitudinal loyalty dan pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap behavioral loyalty melalui attitudinal loyalty sebagai variabel mediasi. Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena produk smartphone merek Samsung yang menjadi market leader sedangkan parent brand samsung untuk kategori elektrobik tidak mampu menjadi market leader. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh brand trust, brand quality, dan brand affect terhadap attitudinal loyalty dan pengaruh ketiga variabel terse but terhadap behavioral loyalty melalui attitudinal loyalty sebagai variabel mediasi. Desain penelitian ini adalah penelitian causal, variabel penelitian meliputi: brand trust, brand quality, brand affect, attitudinal loyalty, dan behavioral loyalty. Jumlah sampel penelitian sebanyak 150 sampel pengguna smartphone merek Samsung. Teknik analisis data menggunakan strucftural equation model. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa brand trust tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap behavioral loyalty, tetapi brand quality terbukti berpengaruh secara langsung terhadap behavioral loyalty, dan brand affect terbukti berpengaruh secara langsung terhadap behavioral loyalty. Brand trust memiliki pengaruh tidak langsung (indirect effect) terhadap behavioral loyalty melalui attitudinal loyalty. Brand quality memiliki pengaruh tidak langsung (indirect effect) terhadap behavioral loyalty melalui attitudinal loyalty, dan brand affect juga affect memiliki pengaruh tidak langsung (indirect effect) terhadap behavioral loyalty melalui attitudinal loyalty.