PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada IKM di Sentra Industri kerajinan Kulit, Tangculangin, Sidoarjo)
Daftar Isi:
- Dalam rangka meningkatkan kinerja pemasaran pada industri kecil dan menengah (IKM), keunggulan bersaing produk merupakan faktor yang memegang peranan penting. Di sisi lain, peranan dari orientasi kewirausahaan dan pengaruh lingkungan eksternal, juga tidak dapat diabaikan. Sehingga dikembangkanlah model penelitian dengan menggunakan tiga variabel yang meliputi orientasi kewirausahaan, lingkungan eksternal dan keunggulan bersaing produk, yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja pemasaran IKM. Penelitian ini dilakukan di Sentra Industri Kerajinan Kulit, Tanggulangin, Sidoarjo. Data dikumpulkan dengan mengirimkan kuisioner kepada para pelaku usaha yang meliputi pemilik atau pengelola usaha. Kuesioner yang dikirim sebanyak 86 dan seluruhnya kembali serta dapat digunakan. Metode statistik yang digunakan untuk menguji masing-masing hipotesis adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS ver.20.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua hipotesis yang dibangun dapat diterima. Dari 7 (tujuh) hipotesis yang dibangun, terdapat 2 (dua) hipotesis, yaitu H4 dan H7, yang ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan terbukti berpengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kineija pemasaran melalui keunggulan bersaing produk, sementara lingkungan eksternal terbukti hanya berpengaruh secara langsung terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh tidak langsung dari lingkungan eksternal terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing produk tidak dapat dibuktikan dalam penelitian ini, dikarenakan pengaruh dari lingkungan eksternal terhadap keunggulan bersaing produk tidak signifikan.