FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari stabilitas penjualan, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis dan tingkat pertumbuhan terhadap struktur modal perusahaan kosmetik di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2014. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 4 perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 dengan menggunakan uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel stabilitas penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini dikarenakan perusahaan yang mempunyai penjualan stabil cenderung memilih penggunaan dana eksternal berupa utang. Variabel struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal artinya perusahaan mampu menggunakan dana internal dalam kegiatan investasi untuk mengembangkan usaha perusahaan tanpa. Variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini dikarenakan tingkat keuntungan yang tinggi tidak dapat memenuhi kebutuhan dana pada aktiva tetap sehingga membutuhkan dana eksternal. Variabel risiko bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal artinya risiko bisnis pada perusahaan tidak dapat menunjukkan secara pasti dalam tingkat pengembalian aktiva tetap. Variabel tingkat pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan artinya peningkatan biaya produksi dapat dipenuhi oleh dana internal perusahaan tanpa mengandalkan hutang.