ANALISIS PRODUKTIVITAS KERJA BAGIAN PELAYANAN KORPORAT PADA PT POS INDONESIA
Daftar Isi:
- Adanya pengelolaan sumber daya manusia yang baik memiliki potensi untuk mencapai produktivitas kerja yang baik. Produktivitas kerja lebih mengacu pada hasil kerja karyawan untuk menciptakan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis produktivitas kerja bagian pelayanan korporat pada PT Pos Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi kasus (case study) sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sample dengan menentukan seorang informasi kunci (key informant) yang ahli dalam bidanganya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kuantitas kerja dan kualitas kerja bagian pelayanan korporat tergolong baik meskipun mengalami naik turunnya produktivitas. Naik turunya produktivitas kerja dipengaruhi dari ketepatan karyawan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Berdasarkan teori produktivitas kerja, ada 3 faktor yang berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas kerja bagian pelayanan korporat yaitu sarana produksi, teknologi dan kesempatan berprestasi.