ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SOETOMO SURABAYA DENGAN PENDEKATANBALANCED SCORECARD
Main Author: | SYAHRONI, ALVIAN |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stiesia.ac.id/1148/1/PENDAHULUAN.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/2/ABSTRACT.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/3/Bab%201.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/4/Bab%202.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/5/Bab%203.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/6/Bab%204.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/7/BAB%205.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.stiesia.ac.id/1148/ http://repository.stiesia.id/ |
Daftar Isi:
- Rumah sakit pada umumnya menyediakan layanan kesehatan yang difungsikan untuk melayani masyarakat. Rumah sakit dituntut harus mampu memberikan pelayanan prima, profesional dengan harga bersaing, sehingga strategi serta kinerja rumah sakit itu sendiri harus berorientasi pada keinginan pasien (pelanggan).Oleh karena itu metode pengukuran kinerja dengan metode Balance Scorecard ini adalah pilihan yang tepat karena dapat mengukur kinerja rumah sakit baik dari segi keuangan (financial) dan bukan keuangan (non financial).Balance Scorecard merupakan suatu metode atau pendekatan untuk mengukur kinerja dari segi keuangan (financial) dan bukan keuangan (non financial). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja serta manfaat penerapanm metode balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja. Objek dalam penelitian ini adalah Instalasi Rawat Darurat RSUD DrSoetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara dokumentasi, studipustaka, observasi, wawancara dan kuesioner. Balanced scorecard terdiri dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran. Adapun hasil penelitian dari perspektif keuangan yang di ukur melalui rasio pendapatan umum dan pendapatan dari jamkes terhadap pendapatan total menunjukkan hasil yang fluktuatif. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang baik, sedangkan tingkat kepuasan pasien menunjukkan hasil cukup baik dan berdasarkan perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang cukup baik, sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dari kepuasan karyawan menunjukkan nilai puas, sedangkan dari retensi karyawan menunjukkan adanya perbaikan rumah sakit dalam mempertahankan karyawannya.