Daftar Isi:
  • Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Menggunakan metode penelitian ini, karena peneliti tidak sedang membuktikan hipotesis, tetapi untuk mengetahui dan menganalisis penerapan CSR pada PT A.J.Central Asia Raya Surabaya.Dari hasil penelitian, diketahui perusahaan telah menerapkan CSR berupa melakukan kegiatan donor darah, penanaman 1000 pohon, beasiswa kepada karyawan, pemberian hadiah maupun souvenir kepada karyawan dan pelanggannya. Dengan menerapkan CSR, berdampak pada kepuasan karyawan yang membuat karyawan merasa nyaman bekerja sehingga semakin loyal terhadap perusahaan. Sedangkan dampak pada kepuasan pelanggan adalah timbulnya rasa peduli dari pelanggan, sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah nasabah dan meningkatnya pendapatan premi sebesar 11% pada tahun 2013.Dari pembahasan diatas, perusahaan diharapkan tetap mempertahankan program CSR, menambah program CSR lagi dengan yang baru, serta dapat terus meningkatkan kualitas jasa dan pelayanan dari segi komunikasi kepada pelanggannya.