Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statisika berjumlah 32 mahasiswa, terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pembagian sample dilakuan dengan cara ranndomized matched two-groups design. Perlakuan yang diberikan yaitu metode cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa z=4,416 dengan p<0,01 dan terdapat perbedaan mean posttest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hal ini berarti cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kompetensi dasar yang ditunjukkan oleh para mahasiswa setelah diberikan perlakuan, antara lain dapat tekun dalam menghadapi tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.