Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan perilaku penggunaan jejaring sosial Facebook dengan kebutuhan afiliasi pada mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian terhadap subyek dilakukan dengan menggunakan teknik try out terpakai. Data penelilitian diperoleh dengan menggunakan skala perilaku penggunaan jejaring sosial Facebook dan kebutuhan afiliasi. Analisa data dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara perilaku penggunaan jejaring sosial Facebook dengan kebutuhan afiliasi pada mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dengan nilai rxy = 0,379 (p<0,01). Semakin tinggi perilaku penggunaan jejaring sosial Facebook pada mahasiswa maka kebutuhan afiliasi akan semakin tinggi begitu pula sebaliknya sehingga hipotesis penelitian ini dapat diterima. Sumbangan efektif perilaku penggunaan jejaring sosial Facebook pada mahasiswa terhadap kebutuhan afiliasi sebesar 14 %.