PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM PEMILIHAN KARIR PADA SISWA SMK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self efficacy dalam pemilihan karir pada siswa SMK PL Tarcisius Kelas XI Jurusan Ilmu Administrasi antara sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan karir melalui pendekatan reflektif. Hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat Perbedaan Self efficacy dalam pemilihan karir sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan karir melalui pendekatan reflektif pada siswa SMK PL Tarcisius kelas XI Jurusan Ilmu Administrasi dengan nilai pretest lebih rendah daripada nilai posttest”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu, dengan menggunakan variabel bebas bimbingan karir melalui pendekatan reflektif, sedangkan variabel tergantungnya adalah Self Efficacy dalam pemilihan karir. Penelitian ini menggunakan skala Self Efficacy dalam pemilihan karir. Subjek penelitian adalah siswa/i SMK PL Tarcisius Semarang Jurusan Ilmu Administrasi kelas XI berjumlah 81 orang. Data dianalisis dengan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Self efficacy dalam pemilihan karir yang sangat signifikan (p<0,01) pada siswa SMK PL Tarcisius kelas XI Jurusan Ilmu Administrasi sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan karir melalui pendekatan reflektif. Selain itu, ada perbedaan tingkat Self efficacy antara pretest (Mean= 65,43) dan posttest (Mean= 79,38). Maka dapat dikatakan bahwa, hipotesis diterima