Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar pada underachiever. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar pada underachiever. Semakin besar dukungan teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar pada underachiever. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara kuantitatif non-parametrik. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI di Theresiana 01 Semarang tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini yaitu subyek yang tergolong underachiever yang berjumlah 11 orang. Skala yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala dukungan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis koefisien korelasi jenjang spearman ρ (rho). Hasil analisis hipotesis ini yaitu r = 0,078 dengan (p>0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar pada underachiever