Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaaan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Tecnology Acceptance Model (TAM) (Studi di empiris pada Universitas Katolik Soegijapranata)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap seseorang dalam penggunaan internet banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dan menggunakan metode survei. Objek dari penelitian ini adalah pengguna langsung fasilitas internet banking dengan jumlah sampel 220 orang. Data diuji dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 16 dan AMOS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap sikap penggunaan internet banking. Persepsi kemudahan penggunaan internet banking (PEOU) mempengaruhi persepsi nasabah terhadap manfaat yang diperoleh (PU) saat menggunakan internet banking. Faktor kemampuan menggunakan komputer (CSE) juga berpengaruh pada penggunaan internet banking, namun pengaruhnya tidak langsung tetapi melalui kemudahan penggunaan internet banking (PEOU).