ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI WANITA MEMILIH UNTUK BERWIRAUSAHA
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi dengan era persaingan pasar bebas sekarang ini yang membutuhkan potensi dan kualitas dari masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, dan wanita adalah salah satu komponen terpenting dan menarik untuk diteiti. Tujuan dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui motivasi wanita pengusaha dalam berwirausaha berdasarkan pada teori David C.Mc.Clelland melalui tekhnik pengumpulan data dengan kuesioner terhadap 12 wanita pengusaha butik di mall Ciputra Semarang dengan menggunakan analisis diskriptif. Menurut teori McClelland ada 3 motivasi wanita dalam berwirausaha yaitu kebutuhan akan kekuasaan ( need for power), kebutuhan akan beraffiliasi ( need for affiliation), kebutuhan akan berprestasi ( need for achievement). Pada pembahasan skripsi ini kita dapat mengetahui kebutuhan apa yang memotivasi wanita dalam berwirausaha. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kebutuhan yang paling memotivasi wanita dalam berwirausaha adalah kebutuhan untuk berprestasi. Mereka cenderung ingin menyalurkan bakat mereka, kebutuhan akan berprestasi yang tinggi dalam diri mereka membuat mereka mencari sesuatu untuk menyalurkannya, sehingga mereka menyalurkan dengan membuka butik. Kata kunci : Motivasi, Pengusaha Wanita, Butik