PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PEMBELI PULSA DI COUNTER TELEPON SELULER (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PEMBELI PULSA DI COUNTER TELEPON SELULER JALAN HASANUDIN SEMARANG)
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pembeli pulsa di counter telepon seluler jalan Hasanudin Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Melalui perhitungan uji t diperoleh hasil variable Tangibles (bukti fisik) berpengaruh terhadap kepuasan pembeli pulsa, yaitu dengan t hitung sebesar 2,701 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, variable Reliability (kehandalan) berpengaruh terhadap kepuasan pembeli pulsa yaitu dengan t hitung sebesar 3,986 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, variable Responsivenees (daya tanggap) berpengaruh terhadap kepuasan pembeli pulsa yaitu dengan t hitung sebesar 2,105 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,038 < 0,05, variable Assurance (jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pembeli pulsa yaitu dengan t hitung sebesar 2,352 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,021< 0,05, dan Empathy (empati) berpengaruh terhadap kepuasan pembeli pulsa yaitu dengan t hitung sebesar 2,029 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045 < 0,05. Sedangkan secara simultan varibel tangibles, reliability, responsivenees, assurance dan empathy mempengaruhi kepuasan pembeli, yaitu nilai F hitung sebesar 28,874 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pembeli adalah variable Reliability dengan koefisien sebesar 0,258, diikuti oleh variable Tangibles dengan koefisien sebesar 0,177, variable Assurance dengan koefisien sebesar 0,162, variable Empathy dengan koefisien sebesar 0,127 dan variable Responsivenees dengan koefisien sebesar 0,118. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,585 yang berarti bahwa 58,5% kepuasan konsumen pembeli dapat dijelaskan oleh tangibles, reliability, responsivenees, assurance dan empathy, sedangkan sisanya 41,5% kepuasan konsumen pembeli dapat dijelaskan oleh variable lainnya. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel reliability merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar, maka saran yang dapat diberikan adalah agar pemilik.pelayan counter lebih memberikan sapaan yang ramah kepada setiap calon konsumen yang mendatangi counter. Selain itu ketersediaan pulsa fisik dalam pajangan atau display harus ditampilkan untuk memberikan kesan bahwa pulsa dari berbagai jenis dan ukuran nominal selalu tersedia.