Daftar Isi:
  • Penelitian ini mencoba untuk melihat faktor-faktor apa saja yang memotivasi seorang wanita memilih untuk berwirausaha. Penelitian kewirausahaan yang dilakukan selama ini banyak terfokus pada pengusaha lakilaki. Hal ini disebabkan jumlah wanita pengusaha lebih sedikit dan mayoritas wanita pengusaha bergerak dalam bisnis berskala kecil. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang telah berwirausaha dan dalam dunia wirausaha dan bisnis sering sekali yang mendominasi adalah kaum lelaki. Tetapi sesuai dengan perkembangan zaman, situasi tersebut mulai berubah. Sekarang ini mulai bermunculan bisnis-bisnis atau usaha - usaha yang justru didirikan oleh kaum wanita. Untuk melihat faktor-faktor yang memotivasi wanita untuk berwirausaha ini, dilakukan penyebaran kuesioner untuk 30 orang wanita yang memiliki usaha sendiri dan berada di Semarang dengan 6 indikator yaitu bisa mengendalikan jadwal pribadi, melihat peluang pasar dan memutuskan untuk menggapainya, merasa frustasi dengan hambatan-hambatan tak kentara di perusahaan besar , orientasi masa depan (future oriented), people oriented dan alasan lainnya. Data diolah dengan tabulasi frekuensi dan dianalisis per indikator. Hasil yang didapat dari penelitian ini, faktor-faktor yang memotivasi wanita untuk berwirausaha adalah bisa mengendalikan jadwal pribadi, melihat peluang pasar dan memutuskan untuk menggapainya, orientasi masa depan (future oriented), people oriented dan alasan lainnya seperti ingin mandiri, ingin memberikan pekerjaan pada masyarakat maupun ingin melakukan suatu hal baru yang belum dapat dikuasai tetapi orang lain telah menguasainya