PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, KONTROL PERILAKU PERSEPSIAN, PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI KEBERMANFAATAN TERHADAP NIAT INDIVIDU DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBELIAN MELALUI INTERNET ( E-COMMERCE)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat individu dalam melakukan transaksi pembelian melalui internet ( E-Commerce). Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) dimana faktorfaktor yang mempengaruhi niat adalah sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku persepsian. Dengan menambahkan faktor eksternal lainnya yakni persepsi resiko dan persepsi kebermanfaatan. Sampel dalam penelitian adalah 255 responden yang berada di berbagai wilayah Indonesia dimana mereka telah menggunakan internet sebagai media dalam melakukan kegiatan pembelian. Penelitian ini merupakan replikasi murni dari penelitian terdahulu yakni Rochmawati (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian dan persepsi kebermanfaatan mempengaruhi niat individu dalam melakukan pembelian melalui internet. Sedangkan faktor persepsi resiko tidak mempengaruhi niat individu dalam melakukan transaksi pembelian melalui internet.