KAJIAN HUBUNGAN VOLUME LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN DI RUAS JALAN MAJAPAHIT SEMARANG (Studi Kasus Kadar CO dan PM10)

Main Author: Ruktiningsih, Rudatin
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Sipil UNIKA Soegijapranata , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/7573/1/Lap.Penelitian%20Rudatin1.pdf
http://repository.unika.ac.id/7573/
ctrlnum 7573
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/7573/</relation><title>KAJIAN HUBUNGAN VOLUME LALU LINTAS TERHADAP&#xD; EMISI GAS BUANG KENDARAAN DI RUAS JALAN&#xD; MAJAPAHIT SEMARANG&#xD; (Studi Kasus : Kadar CO dan PM10)</title><creator>Ruktiningsih, Rudatin</creator><subject>Transportation Engineering</subject><description>Kota Semarang termasuk kota raya yaitu kota yang berpenduduk lebih dari satu juta jiwa.&#xD; Permasalahan yang dihadapi oleh kota raya sebagian besar adalah akibat transportasi&#xD; darat yaitu salah satunya pencemaran udara (BSLLAK,1998). Jumlah kendaraan bermotor&#xD; yang semakin meningkat di Kota Semarang tentunya akan mendukung meningkatnya polusi&#xD; udara akibat emisi gas buang kendaraan di ruas-ruas jalan.&#xD; Penelitian dilakukan di Ruas Jalan Majapahit pada hari Rabu dan Kamis pada pagi dan&#xD; siang hari dengan cara melakukan perhitungan jumlah kendaraan. Pengolahan data survey&#xD; perhitungan lalu lintas dianalisis untuk mendapatkan nilai VCR, dan menggunakan model&#xD; yang dikembangkan Hobbs (1979) dan Ruktiningsih (2003). Hasil penelitian menunjukkan&#xD; bahwa volume lalu lintas yang melalui Ruas Jalan Majapahit masih mampu dilayani oleh&#xD; Ruas Jalan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan VCR sebesar 0.437. Sedangkan&#xD; konsentrasi CO berdasarkan model Hobbs (1979) dan Model Ruktiningsih (2003) berkisar&#xD; 5.5 &#x2013; 8 ppm dan PM10 berkisar 117 &#x2013; 126 mikrogram/m3. Kondisi tersebut masih berada di&#xD; bawah ambang batas kualitas udara ambien Jawa Tengah.&#xD; Traffic Restrain dan perbaikan kondisi angkutan umum merupakan solusi yang baik untuk&#xD; menjaga agar kualitas udara ambien di Ruas Jalan Majapahit lebih terjaga sehingga&#xD; masyarakat dapat memperoleh udara yang bersih.</description><publisher>Jurusan Teknik Sipil UNIKA Soegijapranata</publisher><date>2014</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/7573/1/Lap.Penelitian%20Rudatin1.pdf</identifier><identifier> Ruktiningsih, Rudatin (2014) KAJIAN HUBUNGAN VOLUME LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN DI RUAS JALAN MAJAPAHIT SEMARANG (Studi Kasus : Kadar CO dan PM10). Project Report. Jurusan Teknik Sipil UNIKA Soegijapranata, Semarang. (Unpublished) </identifier><recordID>7573</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ruktiningsih, Rudatin
title KAJIAN HUBUNGAN VOLUME LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN DI RUAS JALAN MAJAPAHIT SEMARANG (Studi Kasus : Kadar CO dan PM10)
title_sub Kadar CO dan PM10)
publisher Jurusan Teknik Sipil UNIKA Soegijapranata
publishDate 2014
topic Transportation Engineering
url http://repository.unika.ac.id/7573/1/Lap.Penelitian%20Rudatin1.pdf
http://repository.unika.ac.id/7573/
contents Kota Semarang termasuk kota raya yaitu kota yang berpenduduk lebih dari satu juta jiwa. Permasalahan yang dihadapi oleh kota raya sebagian besar adalah akibat transportasi darat yaitu salah satunya pencemaran udara (BSLLAK,1998). Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat di Kota Semarang tentunya akan mendukung meningkatnya polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan di ruas-ruas jalan. Penelitian dilakukan di Ruas Jalan Majapahit pada hari Rabu dan Kamis pada pagi dan siang hari dengan cara melakukan perhitungan jumlah kendaraan. Pengolahan data survey perhitungan lalu lintas dianalisis untuk mendapatkan nilai VCR, dan menggunakan model yang dikembangkan Hobbs (1979) dan Ruktiningsih (2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas yang melalui Ruas Jalan Majapahit masih mampu dilayani oleh Ruas Jalan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan VCR sebesar 0.437. Sedangkan konsentrasi CO berdasarkan model Hobbs (1979) dan Model Ruktiningsih (2003) berkisar 5.5 – 8 ppm dan PM10 berkisar 117 – 126 mikrogram/m3. Kondisi tersebut masih berada di bawah ambang batas kualitas udara ambien Jawa Tengah. Traffic Restrain dan perbaikan kondisi angkutan umum merupakan solusi yang baik untuk menjaga agar kualitas udara ambien di Ruas Jalan Majapahit lebih terjaga sehingga masyarakat dapat memperoleh udara yang bersih.
id IOS2679.7573
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-02-25T15:02:35Z
last_indexed 2017-02-25T15:02:35Z
recordtype dc
_version_ 1765771673399721984
score 17.538404