Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku pembelian secara impulsif. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan perilaku pembelian secara impulsif. Artinya, semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki maka semakin rendah perilaku pembelian secara impulsif dan sebaliknya. Penelitian ini dilakukan di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik Incidental Sampling. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Alat ukur dalam penelitian ini berupa skala Perilaku pembelian Secara Impulsif, skala Kepercayaan Diri. Perhitungan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment, hasil hipotesis ditunjukkan dengan rxy sebesar -0,149 dengan p<0,01. Hal ini menunjukkan bahwa hipootesis yang diajukan diterima. Sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap perilaku pembelian secara impulsif adalah 22%.