Daftar Isi:
  • Orientasi kewirausahaan memiliki peran penting dalam mendorong usaha kecil dan menengah dalam mendorong adanya kesadaran dalam mengembangkan strategi yang berorientasi pasar. Bagaimana orientasi kewirausahaan UMKM makanan kecil khususnya di wilayah Semarang Tengah. Obyek penelitian ini adalah 12 UMKM makanan kecil wilayah Semarang Tengah merupakan usaha yang berkecimpung di bidang makanan kecil. Di dalam usaha UMKM sebagian besar tidak memiliki struktur organisasi tetap, yang usahanya dimiliki 1 orang pemilik dan beberapa karyawan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling. Sebagai pemilik dari usaha makanan kecil tersebut, pemilik dituntut untuk mengarahkan karyawan agar bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dengan memiliki orientasi kewirausahaan inovasi, proaktif, dan beranimengambil risiko. Dari sinilah orientasi kewirausahaan dianalisis kecocokannya antara pemilik usaha dan karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan sebagian besar dimiliki oleh UMKM makanan kecil di wilayah Semarang Tengah.