Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian telepon seluler. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian telepon seluler. Semakin tinggi gaya hidup hedonis maka semakin sering perilaku konsumtif yang dilakukan, demikian juga sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini adalah 48 mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, memiliki telepon seluler dengan keluaran terkini atau maksimal dengan tipe keluaran terakhir 3 bulan lalu, dan mengganti telepon seluler minimal 2 kali dalam setahun. Teknik samplingnya adalah incidental sampling. Skala yang digunakan adalah skala perilaku konsumtif pembelian telepon seluler dan skala gaya hidup hedonis. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,537 dengan p=0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian telepon seluler. Semakin tinggi gaya hidup hedonis maka semakin sering perilaku konsumtif yang dilakukan, demikian juga sebaliknya.