Daftar Isi:
  • Dalam sebuah organisasi, aktivitas penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting karena sangat berhubungan erat dengan kelangsungan hidup sebuah organisasi. Diperlukan adanya Sistem Pengendalin Internal ( SPI) untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja. Sistem pengendalian internal dalam sebuah perusahaan merupakan indikator untuk mengukur efisiensi dan efektivitas pada aktivitas penjualan, mengontrol dan melihat apakah prosedur yang dijalankan sudah baik, dan meminimalkan resiko kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu dalam sebuah perusahaan. Maka atas uraian itu, peneliti ingin menilai dan mengevaluasi Sistem Pengendalin Internal ( SPI) khususnya pada fungsi penjualan dan gudang pada suatu perusahaan distributor sepatu dan sandal. Penelitian ini menggunakan data-data perusahaan seperti hasil wawancara dengan pihak terkait Struktur Organisasi, Data Retur Penjualan, Data Piutang Tak Tertagih, Buku Pembantu Piutang dan Kartu Stock. Hasilnya ditemukan bahwa selama ini Sistem Pengendalian Internal ( SPI) yang ada dalam perusahaan masih kurang efektif sehingga menyebabkan kinerja bagian penjualan dan gudang kurang maksimal.