LAYANAN PERPUSTAKAAN PRIMA DI ERA GENERASI DIGITAL (DIGITAL NATIVE); Inspirasi, Transformasi dan Inovasi
Main Author: | NARENDRA, PRAMUKTI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/6339/1/LAYANAN%20PRIMA.pdf http://repository.unika.ac.id/6339/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan merupakan organisasi yang hersi/at layanan. LoyalTan prima merupakan upaya organisasi yang memberikan layanan terbaiknya sebago; wujud kepedulian kepada pelanggan. Enam faktor dalam mengembangkan layanan prima yaitll ability, altitude, appearance, allention, action, dan accuntability. Perpustakaan diarahkan pada layanan prima di era digital native. Digital native yaitu komunitas yang lahir sete/ah leknologi digital. Fokusnya pada orang-orang yang dibesarkan palla akhir abad 20 dengan kehadiran berbagai perangkat lekn%gi. Karakteristik generasi digital native yaitu penyuka tekn%gi, dalam pencarian informasi tergantllng fasilitas berbasis lelmologi. bekerja multilasking. semangat kerja tinggi. sllka bekerja sama, suka ko/aborasi. membukajaringan dan diskusi, suka belajar mandiri. kreaiif, inovatif, Sllka browsing dan bekerja di deRan [ayar komputer. Implementasi pelayanan prima da/am kegiatan sehari-hari yaitu pustakawan melakukan lindakan perbaikan terus menerus, menelapkan standar sasaran mutu /ayanan, menetapkan standard operating procedure, mengembangkan komunika3i, memberikan penghargaan pada pemustaka dan penyediaan fasilitas layanan