Daftar Isi:
  • Keberadaan selebriti sebagai juru komunikasi dan sekaligus bintang iklan sangat diyakini banyak diminati oleh berbagai produsen iklan sehingga dapat mendongkrak penjualan. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa popularitas selebritis yang digunakan produk Biore sebagai pendukung iklan tersebut, ternyata belum mampu mendongkrak nilai jual dari produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser yang meliputi visibility, credibility, attraction, dan power terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk sabun pembersih muka merek Biore Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri yang telah melakukan pembelian sabun pembersih muka Biore di Swalayan ADA Bulu Semarang dan remaja putri tersebut pernah melihat iklan sabun pembersih muka Biore di televisi, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa Visibility terbukti mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, artinya bahwa semakin popularitas selebritis dikenal dan disukai oleh pemirsa karena mampu mengkomunikasikan dengan baik terhadap produk sabun pembersih muka Biore yang diiklankan (visibility), maka akan mampu menyadarkan konsumen untuk memutuskan pembelian., dengan nilai t hitung 2,229 > t tabel 1,9853. Credibility juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 4,542 > 1,9853. Pengaruh attractiveness terhadap keputusan pembelian adalah signifikan, dengan nilai t hitung 5,089 > 1,9853. Power terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian, artinya semakin tinggi kekuatan selebritis dalam memerintahkan kepada audiens, maka akan semakin tinggi pula keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, dengan nilai t hitung 2,806 > 1,9853. Hasil pengujian simultan, Visibility, credibility, attractiveness, dan power mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai F hitung sebesar 73,913 > nilai F tabel = 2,47.