Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara kecemasan anak menghadapi ulangan harian paralel dengan persepsi anak terhadap pola asuh otoriter orangtua. Hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan kecemasan anak menghadapi ulangan harian paralel. Subjek penelitian berjumlah 77 orang dengan karakteristik anak sekolah dasar kelas V yang akan menghadapi ulangan harian paralel, bersekolah di SD PL Bernardus Semarang. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala kecemasan menghadapi ulangan harian paralel dan skala persepsi terhadap pola asuh otoriter orang tua. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis didapatkan rxy = 0,602 (p < 0,01) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pola asuh otoriter orang tua dengan kecemasan anak menghadapi ulangan harian paralel. Dengan demikian, hasil analisis data ini mendasari bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.