HUBUNGAN EMPATI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA PEER EDUCATOR UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dengan perilaku prososial pada Peer Educator Universitas Katolik Soegijapranata. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif empati dengan perilaku prososial. Semakin empatik seseorang maka semakin tinggi kemungkinan munculnya perilaku prososial, dan sebaliknya, semakin tidak empatik seseorang maka semakin rendah pula kemungkinan munculnya perilaku prososial. Populasi yang digunakan yaitu fasilitator Peer Educator angkatan pertama sampai dengan angkatan ketiga yang berjumlah 43 orang, dan sampel penelitian yang digunakan yaitu fasilitator Peer Educator angkatan pertama sampai dengan angkatan ketiga yang berjumlah 40 orang, yang dimabil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku prososial pada Peer Educator Universitas Katolik Soegijapranata dan skala empati. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product...