PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA SISWA SMP TARAKANITA MAGELANG
Daftar Isi:
- Sekolah merupakan sarana yang memadai untuk melatih dan meningkatkan kompetensi dan keterampilan anak. Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa di sekolah adalah prestasi belajar. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar siswa pada pelajaran Fisika khususnya dapat dilihat pada setiap akhir semester yang tertuang dalam buku rapor. Pretasi belajar Fisika antara lain dipengaruhi oleh minat belajar dan dukungan sosial yang diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mata pelajaran Fisika pada siswa SMP Tarakanita Magelang. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan antara minat belajar dan dukungan sosial dengan prestasi belajar Fisika. Semakin tinggi minat belajar dan dukungan sosial maka tinggi pula prestasi belajarnya, demikian pula sebaliknya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tarakanita Magelang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua predictor dengan menggunakan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Sciences) seri 15.0....