HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PERILAKU MEMBELI KOMPULSIF PRODUK FASHION PADA WANITA LAJANG BEKERJA DI SEKTOR FORMAL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku membeli kompulsif produk fashion pada wanita lajang bekerja di sektor formal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku membeli kompulsif produk fashion pada wanita lajang bekerja di sektor formal. Penelitian ini menggunakan studi populasi. Jumlah subyek 53 karyawan yang berasal dari PT. Sejahtera Sunindo Trada Semarang dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala, yaitu; skala perilaku membeli kompulsif dan skala harga diri. Analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil analisis data, menunjukkan hipotesis yang diajukan diterima yakni ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku membeli kompulsif, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi rxy = -0,577 (p<0,01). Sumbangan efektif harga diri terhadap perilaku membeli kompulsif sebesar 33,30%