PERBEDAAN KEDISIPLINAN ANTARA SISWA DI SEKOLAH BERASRAMA DAN NON-ASRAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik perbedaan kedisiplinan antara siswa di sekolah berasrama dan non-asrama. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kedisiplinan antara siswa di sekolah berasrama dan siswa di sekolah non-asrama, yaitu kedisiplinan pada siswa di sekolah berasrama lebih tinggi dari siswa di sekolah non-asrama. Subyek adalah siswa-siswi kelas XI SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan dan siswa-siswi kelas XI SMA Tarakanita Magelang yang tinggal bersama ayah dan ibu. Alat ukur yang digunakan adalah skala kedisiplinan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t atau t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai uji t-test sebesar -0,187 dengan p = 0,426 > 0,05 (Significance for One-Tailed), yang artinya tidak ada perbedaan kedisiplinan antara siswa di sekolah berasrama dan non-asrama. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak.