PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSIKAN KAMPUNG ARAB SEMARANG SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA
Daftar Isi:
- Indonesia tengah menggalakkan pertumbuhan sektor pariwisata berkonsep nilai – nilai lokal dan kebudayaan dengan cara melakukan pengembangan di berbagai daerah yang memiliki berpotensi dalam segi lingkungan, kekayaan alam dan budaya yang salah satunya berada di daerah Semarang, yakni Kampung Arab yang terletak di Koridor Layur . Hanya saja keadaan Kampung Arab kini kurang terawat dan terancam hilang akibat kurang partisipasi masyarakat dan perhatian pemerintah daerah di Kota Semarang. Kurangnya informasi tentang keberadaan Kampung Arab, perkembangan jaman yang pesat dan kurangnya perhatian baik dari masyarakat maupun pemerintah semakin memperburuk image Kampung Arab. Walau demikian, Kampung Arab tetap memegang teguh tradisi dengan kebudayaan Arab dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Kampung Arab ini layak untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata berkonsep budaya, yakni hasil kebudayaan yang dimiliki masyarakat di Kampung Arab.. Konsep wisata budaya Kampung Arab juga akan diperkuat dengan penggunaan destination branding melalui konsep kreatif Desain Komunikasi Visual. Nama yang dipilih untuk mempromosikan Kampung Arab ini adalah “Arabic Art”. Kampung Arab dapat memberikan wisatawan pengalaman wisata budaya yang menyenangkan sekaligus mengedukasi. Hal ini diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat mengenai Kampung Arab, Layur dan membantu pengembangan lokasi ini sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Semarang.