Daftar Isi:
  • Penelitian deskriptif inferensial ini membahas tentang kecerdasan emosional sebagai pemoderasi pengaruh antara stres kerja dan kinerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Bank Pekreditan Rakyat (BPR) Pasar Boja dengan jumlah populasi 42 orang dengan menggunakan penyebaran kuesioner tertutup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran / deskripsi stres kerja karyawan. (2) Gambaran / deskripsi kecerdasan emosional karyawan.(3) Gambaran / deskripsi kinerja karyawan.(4) Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan. (5) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap stres kerja karyawan. (6) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. (7) Pengaruh kecerdasan emosional sebagai pemoderasi antara stres kerja dan kinerja karyawan. Tingkat presepsi responden terhadap variabel stres kerja secara keseluruhan berada pada tingkat yang rendah, peringkat stres kerja yang paling tinggi terdapat pada divisi operasional dan terendah ada pada divisi kredit, dengan tingkat presepsi responden terhadap variabel kecerdasan emosional secara keseluruhan berada pada tingkat yang tinggi, dengan peringkat kecerdasan emosional tertinggi terdapat pada divisi kredit. Tingkat penilaian kinerja secara keseluruhan berada pada tingkat yang tinggi, dengan peringkat penilaian rata – rata kinerja tertinggi ada pada divisi kredit. k ecerdasan emosional memberikan pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap stres kerja karyawan BPR PASAR BOJA. kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang positif dan singifikan terhadap kinerja BPR PASAR BOJA. kecerdasan emosional merupakan pemoderasi di antara hubungan stres kerja dan kinerja pada karyawan BPR PASAR BOJA. Kata kunci : Stres kerja, kecerdasan emosional, kinerja, pemoderasi