Daftar Isi:
  • Melalui pandemi COVID-19, muncul kesadaran bahwa untuk menumpas berbagai jenis penyakit harus adanya lebih banyak komunikasi dan edukasi kepada seluruh warga, tidak hanya tentang pandemi yang terjadi belakangan tetapi juga virus lain yang sedang marak di masyarakat kita. Banyak media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang virus dan penyakit di era teknologi ini. Dalam tulisan ini penulis telah menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membuat game edukasi dengan gameplay First Person Shooter (FPS) yang berkisar pada topik tersebut untuk menjawab rumusan masalah seperti: mengetahui apakah terdapat efektivitas pengedukasian melalui penggunaan aplikasi Augmented Reality, apakah adanya efektivitas permainan di mana AR dan FPS digabungkan dan penerimaan konsep permainan semacamnya oleh massa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan pengujian game digunakan untuk mengumpulkan data dari responden dalam survei. Hasilnya adalah mayoritas responden setuju bahwa ada beberapa manfaat dalam menggunakan game sebagai media pendidikan, kombinasi gameplay AR dan FPS saling melengkapi dan sebagian besar responden akan bermain lebih banyak jika game seperti itu dilanjutkan perkembangannya