EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI
ctrlnum |
31422 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/31422/</relation><title>EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI</title><creator>PUTRA, GLENN HARIYANTO</creator><subject>000 Computer Science, Information and General Works</subject><description>Demokratisasi merupakan proses pendemokrasian masyarakat untuk berpartisipasi
dalam kegiatan politik suatu negara, namun proses ini tidak mudah karena rakyat harus
berpendapat melalui DPR atau ikut dalam kegiatan kemasyarakatan. Hal ini mempengaruhi
masyarakat Indonesia dalam membangun kesadaran publik tentang pemerintahan, dimana
tuntutan publik terhadap pemerintah semakin meningkat dan persepsi publik terhadap
pemerintah juga menjadi negatif. Hal tersebut dapat mempengaruhi anak-anak muda yang
mengikuti orang dewasa yang memiliki persepsi negatif terhadap pemerintah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas game edukasi
"Governman" dalam memberikan pembelajaran sistem pemerintahan melalui tutorial dan
gameplay yang menantang pemain untuk berpikir kritis dan kreatif serta memecahkan
masalah. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran
yang diberikan melalui win screen dan tools dapat meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah pemain. Pembuatan game “Governman” berdasarkan sistem yang ada didalam
metode waterfall. Metode ini melewati beberapa tahapan yaitu requirement, design,
implementation, verification, dan yang terakhir maintenance. Game “Governman” sendiri
sudah melewati semua tahapan dalam metode waterfall.
Hasil dari penelitian mengenai game edukasi "Governman" menunjukkan bahwa
game ini efektif dalam mengajarkan pemain tentang sistem pemerintahan melalui simulasi
yang menarik dan mudah dipahami. Studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa game
ini memiliki korelasi yang valid antara ketertarikan, kemudahan dan tantangan pemain
setelah bermain game yang menunjukkan bahwa game ini efektif dalam mendorong niat
pemain untuk belajar dan mengerti tentang sistem pemerintahan.</description><date>2023</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/1/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-COVER_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/2/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20I_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/3/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20II_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/4/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20III_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/5/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20IV_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/6/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20V_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/7/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-DAPUS_a.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/31422/8/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-LAMP_a.pdf</identifier><identifier> PUTRA, GLENN HARIYANTO (2023) EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang. </identifier><recordID>31422</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRA, GLENN HARIYANTO |
title |
EDUKASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS GAME SIMULASI |
publishDate |
2023 |
topic |
000 Computer Science Information and General Works |
url |
http://repository.unika.ac.id/31422/1/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-COVER_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/2/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20I_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/3/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20II_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/4/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20III_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/5/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20IV_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/6/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-BAB%20V_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/7/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-DAPUS_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/8/18.N2.0001-Glenn%20Hariyanto%20Putra-LAMP_a.pdf http://repository.unika.ac.id/31422/ |
contents |
Demokratisasi merupakan proses pendemokrasian masyarakat untuk berpartisipasi
dalam kegiatan politik suatu negara, namun proses ini tidak mudah karena rakyat harus
berpendapat melalui DPR atau ikut dalam kegiatan kemasyarakatan. Hal ini mempengaruhi
masyarakat Indonesia dalam membangun kesadaran publik tentang pemerintahan, dimana
tuntutan publik terhadap pemerintah semakin meningkat dan persepsi publik terhadap
pemerintah juga menjadi negatif. Hal tersebut dapat mempengaruhi anak-anak muda yang
mengikuti orang dewasa yang memiliki persepsi negatif terhadap pemerintah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas game edukasi
"Governman" dalam memberikan pembelajaran sistem pemerintahan melalui tutorial dan
gameplay yang menantang pemain untuk berpikir kritis dan kreatif serta memecahkan
masalah. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran
yang diberikan melalui win screen dan tools dapat meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah pemain. Pembuatan game “Governman” berdasarkan sistem yang ada didalam
metode waterfall. Metode ini melewati beberapa tahapan yaitu requirement, design,
implementation, verification, dan yang terakhir maintenance. Game “Governman” sendiri
sudah melewati semua tahapan dalam metode waterfall.
Hasil dari penelitian mengenai game edukasi "Governman" menunjukkan bahwa
game ini efektif dalam mengajarkan pemain tentang sistem pemerintahan melalui simulasi
yang menarik dan mudah dipahami. Studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa game
ini memiliki korelasi yang valid antara ketertarikan, kemudahan dan tantangan pemain
setelah bermain game yang menunjukkan bahwa game ini efektif dalam mendorong niat
pemain untuk belajar dan mengerti tentang sistem pemerintahan. |
id |
IOS2679.31422 |
institution |
Universitas Katolik Soegijapranata |
institution_id |
334 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata |
library_id |
522 |
collection |
Unika Repository |
repository_id |
2679 |
subject_area |
Akuntansi Arsitektur Ekonomi |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2679 |
first_indexed |
2023-04-12T19:49:07Z |
last_indexed |
2023-04-27T22:48:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765772020102987776 |
score |
17.538404 |