GAME TAKE ME HOME UNTUK EDUKASI COMPUTATIONAL THINKING
Daftar Isi:
- Untuk mempersiapkan era industri 4.0, sistem pendidikan di Indonesia perlu mengalami perubahan, yang awalnya hanya pemberian materi pada siswa perlu diubah dengan pembelajaran yang menyangkut kemampuan berpikir secara kreatif siswa. Salah satu cara untuk mengubah sistem pembelajaran ini adalah mengimplementasikan teknik pembelajaran lain yang mengasah kemampuan seseorang untuk dapat berpikir secara kreatif dalam menyelesaikan sebuah masalah. Salah satu teknik pembelajaran ini adalah Computational Thinking atau biasa disingkat sebagai CT. Di Indonesia teknik Computational Thinking belum banyak digunakan untuk proses belajar mengajar oleh sebab ini penelitian ini dimaksudkan untuk mengenalkan teknik pembelajaran Computational Thinking melalui media permainan. “Take Me Home” adalah nama permainan yang dikembangkan guna mendukung penelitian ini, “Take Me Home” merupakan permainan serius berbasis komputer personal yang dibuat untuk mengasah dan mengenalkan pemain teknik pembelajaran Computational Thinking, permainan “Take Me Home” dibuat semenarik mungkin agar pemain mau memainkannya terus menerus, dengan menggunakan procedural generated map pemain akan selalu mendapatkan bentuk level permainan yang berbeda tiap kali mereka memainkan game “Take Me Home”, memiliki level Endless juga membuat pemain merasa tertantang untuk terus bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman CT di Indonesia melalui media permainan yang dikembangkan menggunakan metode Waterfall. Permainan tersebut akan diuji melalui metode survei untuk mengevaluasi keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman CT pada pemain