ANALISIS PERSONAL SELLING OLEH PEDAGANG KAMPUNG BATIK SEMARANG DALAM MENGELOLA MINAT KONSUMEN (Studi pada Kampung Batik di Kelurahan Rejomulyo Semarang)
Daftar Isi:
- Komunikasi dan Strategi Pemasaran Personal Selling merupakan salah hal penting yang terkait dengan proses promosi yang paling efektif dalam mengelola minat beli calon konsumen. Pada era ini, terutama semenjak pandemi setiap usaha harus dapat mencari cara yang efektif dan efisien dalam memasarkan produknya agar dapat mendapatkan keuntungan. Penulis akan berfokus terhadap salah satu cara untuk melakukan hal itu yaitu personal selling agar dapat menarik minat beli para konsumen. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teori yaitu Personal Selling oleh Kotler. Dalam mengumpulkan data, peneliti akan menggunakan wawancara semi terstruktur. Dari penelitian ini, dapat diperoleh hasil bahwa proses komunikasi pemasaran telah dilakukan oleh Kampung Batik Semarang berupa penerapan proses personal selling dengan tujuan mengelola minat beli calon konsumen. Meskipun begitu penerapan personal selling yang dilakukan oleh Kampung Batik Semarang tidak mencakup semua tahapan pada teori personal selling Kotler hanya menerapkan tentang pra pendekatan dan presentasi demonstrasi. Hingga saat ini penjualan Kampung Batik Semarang hanya mengandalkan branding dari Kampung Batik saja tanpa melakukan kegiatan personal selling yang kurang efektif, sehingga penjualan dari Kampung Batik Semarang masih belum maksimal.