PENGARUH IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KASTEM SPACE DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Dari masa ke masa, usaha di bidang kuliner selalu hangat menjadi perbincangan masyarakat. Banyak sekali pelaku bisnis yang berkecimpung di bidang tersebut. Di tengah banyaknya persaingan bisnis kuliner khususnya kafe dan coffee shop, menuntut para pelaku bisnis tersebut untuk terus melakukan promosi melalui berbagai media salah satunya adalah media sosial Instagram. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan iklan melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen Kastem Space Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Google Form dan dibagikan kepada 100 orang responden. Instrumen diuji melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Hipotesis diverifikasi dengan uji T. Hasil menunjukkan bahwa iklan melalui media sosial Instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Kastem Space Semarang. Berdasarkan uji T, diketahui bahwa t hitung sebesar 8,816 > t tabel 1,987 atau sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai signifikansi 5%, oleh sebab itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan ideal yang terdiri dari menimbulkan perhatian, menarik, menimbulkan keinginan dan menghasilkan tindakan memberikan kontribusi sebesar 66,5% terhadap keputusan pembelian konsumen.