HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Ungaran. Hipotesis yang diajukan adalah “Ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku prokrastinasi akademik”. Subjek penelitian adalah remaja siswa SMA Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang. Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah 67 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala kontrol diri dan skala perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik korelasi data yang digunakan adalah Pearson. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang sangat signifikan (r=-0,691, p< 0,05). Kontrol diri secara efektif menyumbang 47,8% dari perilaku prokrastinasi akademik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada remaja siswa SMA Negeri 2 Ungaran