HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam pembelajaran online pada siswa SMA. Hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam pembelajaran online pada siswa SMA. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 14 Semarang kelas XI. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan google form. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 96 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Regulasi Diri dan Skala Prokrastinasi Akademik dalam Pembelajaran Online pada siswa SMA. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi non parametrik Spearman . Hasil hipotesis menunjukkan rho = -0,976 dengan signifikansi sebesar 0,00 (sig<0,01). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan Prokrastinasi Akademik dalam Pembelajaran Online pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)