PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI TELEPON SELULER PADA REMAJA YANG BEKERJA SEBAGAI SALES PROMOTION GIRLS DITINJAU DARI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif dalam membeli telepon seluler pada remaja yang bekerja sebagai SPG. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli telepon seluler pada SPG. Semakin tinggi konformitas terhadap teman sebaya, maka semakin tinggi perilaku konsumtif SPG dalam membeli telepon seluler, demikian pula sebaliknya. Subjek penelitian adalah 36 remaja yang berusia 18-21 tahun, bekerja sebagai Sales Promotion Girls (SPG) di Semarang, memiliki telepon seluler dengan keluaran terkini atau maksimal dengan tipe keluaran terakhir 6 bulan lalu, dan mengganti telepon seluler minimal 2 kali dalam setahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Skala yang digunakan adalah skala perilaku konsumtif membeli telepon seluler dan skala konformitas teman sebaya. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,536 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif dalam membeli telepon seluler. Semakin tinggi konformitas terhadap teman sebaya, maka semakin tinggi perilaku konsumtif remaja dalam membeli telepon seluler, demikian pula sebaliknya