EFEK SOCIAL STORY TERHADAP KETRAMPILAN SOSIAL ANAK SINDROM ASPERGER
Daftar Isi:
- Sind rom Asperger dipandang sebagai sebuah varian gangguan perkembangan pervasif, yaitu suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan kecakapan angguan sosial kualitatif dan gangguan kemampuan untuk mengekspresikan kesenangan atas kebahagiaan orang lain. Minat dan pola perilaku yang terbatas. Penelitian ini bertujuan memperbaiki ketrampilan sosial anak sindrom Asperger. Social story merupakan cerita pendek dari perspektif anak untuk mengajarkan instruksi positif dan berperilaku tepat. Subyek penelitian ini dua anak laki-Iaki sindrom Asperger. Pengumpulan data menggunakan rating scale ketrampilan s(i)sial. Pemelitian ini menggCJnakan jenis penelitian eksperimen single subject design yaitu penelitian eksperimen yang jumlah subyek penelitian kecil atau satu. Peneliti dapat membandingkan perilaku baseline dengan perilaku yang telah iberi periakuan, tanpa perlakuan dan evaloasi. =feknik analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social story efektif memperbaiki ketrampilan sosial anak sindrom Asperger.