Daftar Isi:
  • Saat ini persaingan media cetak di era digital semakin berat dengan munculnya media online yang semakin banyak. Berita yang disajikan oleh media online lebih bervariasi dan lebih cepat sampai ke masyarakat. Kondisi tersebut semakin bertambah sulit pada masa pandemi Covid 19 ini, sebagian besar Hotel, Instansi Pemerintahan, Perbankan maupun Swasta berhenti berlangganan media cetak. Penurunan oplah koran dan pendapatan Iklan Media Cetak Suara Merdeka, serta sumber daya dan budaya organisasi yang dimiliki perusahaan, menjadi dasar bagi penulis untuk melakukan penelitian mengenai Analisis Sumber Daya dan Budaya Organisasi sebagai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan pada Media Cetak Suara Merdeka Semarang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Metode Kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dengan beberapa pimpinan dan karyawan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Alat Analisis VRIO (Valuable, Rare, Imitability, Organization). Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 3 Sumber Daya Perusahaan yang memiliki Keunggulan Bersaing Berkelanjutan yaitu Sumber Daya Manusia, Struktur Organisasi dan Pasar. Sedangkan Sumber Daya Finansial dan Fisik memiliki Keunggulan Bersaing Sementara. Kemudian untuk 1 Budaya Organisasi telah memiliki Keunggulan Bersaing berkelanjutan yaitu Budaya Organisasi Kekeluargaan. Budaya Organisasi Disiplin dan Kejujuran memiliki Competitive Parity. Sedangkan Budaya Organisasi Identitas dan Kebijakan memiliki Keunggulan Bersaing Sementara. Kata kunci : sumber daya perusahaan, budaya organisasi, VRIO, keunggulan bersaing berkelanjutan