Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Unika Soegijapranata Pada Masa Pembelajaran Daring. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari mahasiswa akuntansi Unika Soegijapranata Semarang yang terdiri dari angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021. Metode pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 257 orang. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Variabel tekanan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. (2) Variabel peluang berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. (3) Variabel rasionalisasi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. (4) Variabel kemampuan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. (5) Variabel arogansi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring. (6) Variabel motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada masa pembelajaran daring.