“Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi, Orientasi Etis, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional dan Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting Pada Program Studi Akuntansi Di Semarang”
Daftar Isi:
- Creative Accounting merupakan kegiatan akuntansi dimana seseorang menggunakan kemampuan pengetahuan akuntansinya untuk memanipulasi laporan keuangan. Hingga saaat ini Creative Accounting terus diperdebatkan perihal etis atau tidaknya kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi, Orientasi Etis, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional dan Jenis Perguruan Tinggi pada persepsi etis mahasiswa akuntansi di Semarang mengenai praktik Creative Accounting. Metode penelitian dengan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi yang berada di 8 Universitas yang berada di Semarang yaitu Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Diponegoro, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Stikubank Semarang Hasil penelitian menunjukan pengetahuan etika profesi akuntansi, idealism, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan jenis perguruan tinggi memiliki pengaruh negative terhadap praktik Creative Accounting. Sedangkan relativisme memiliki pengaruh yang positif terhadap praktik Creative Accounting. Serta hasil penelitian ini menyatakan praktik dari Creative Accounting merupakan perbuatan yang dinilai tidak etis.