Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa SMP Yoannes XXIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Yoannes XXIII dengan total 130 siswa, dan menggunakan studi populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Skala yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri siswa dan skala dukungan sosial. Analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan terdapat korelasi positif yang sangat signifikan dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,491 dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,01). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa SMP Yoannes XXIII.