MAKNA TIPOGRAFI ONOMATOPOEIA PADA KOMIK “TIGAN NGASAK BATAVIA”
Main Author: | ARDHIANTO, PETER |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UPT Penerbitan ISI Surakarta
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/3038/1/843-2279-1-PB.pdf http://repository.unika.ac.id/3038/ http://jurnal.isi-ska.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Tipografi merupakan elemen dalam studi desain komunikasi visual yang berkenaan tentang huruf, salah satu penerapan tipografi yang paling unik adalah penggabungan huruf dengan suara (onomatopoeia). Tipografi onomatopoeia dalam desain komunikasi visual banyak dijumpai pada komik. Huruf yang mempunyai karakter masing-masing tersebut dipadukan dengan efek suara dan divisualkan sebagai bagian dari teks dalam komik “Tigan Ngasak Batavia” karya Bengkel Qomik Surakata. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran tipografi onomatopoeia dalam komik yang dianalisis melalui klasifikasi suara dan pendekatan semiotika Roland Barthes yakni denotatif dan konotatif. Metode penelitian kualitatif yang digunakan meliputi wawancara, studi pustaka dan dokumen. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: tipografi onomatopoeia berfungsi sebagai penentu cerita, pembagian secara klasifikasi sumber suara dan klasifikikasi efek suara dalam komik sangat merata. Tidak semua efek bunyi yang dihadirkan pada komik “Tigan Ngasak Batavia” merupakan bunyi sesungguhnya, hal tersebut justru menjadi daya tarik dan penyeimbang komedi pada saat adegan konflik berlangsung. Tipografi onomatopoeia dalam “Tigan Ngasak Batavia” berperan penting dalam tugasnya, yakni membantu pembaca mendengar dengan mata. Hal ini menjadi suatu bukti bahwa teks dalam komik mempunyai kekuatan yang besar dalam menyampaikan pesan.