Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif di dalam keluarga dengan kemandirian belajar pada siswa di SMP X Kota Semarang. Hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar siswa di SMP X Kota Semarang . Subjek penelitian ini adalah siswa SMP X Kota Semarang dengan kriteria subjek berusia 12 sampai 15 tahun. Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah 60 orang. Alat ukur yang digunakan yaitu skala pola asuh permisif dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan sebesar (rxy = -0,384 dengan nilai p 0,01 > 0,05). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar siswa SMP X Kota Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan pola asuh permisif di dalam keluarga, maka semakin rendah kemandirian belajar remaja SMP X Kota Semarang.