HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif orang tua dengan motivasi belajar siswa SMP. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan positif antara pola asuh permisif dengan motivasi belajar siswa SMP”. Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMP Pius Pekalongan yang tinggal bersama dengan orang tua dan bersedia menjadi subjek penelitian. Semua anggota populasi sejumlah 72 siswa menjadi sampel penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi rxy sebesar 0,810 (p<0.01) yang mana berarti bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh permisif orang tua dengan motivasi belajar siswa SMP. Semakin tinggi pola asuh permisif yang diberikan orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa SMP, demikian pula sebaliknya. Dengan demikian hipotesis diterima. Sumbangan efektif dari pola asuh permisif orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP sebesar 65.6%.